SPIRITUALISMe DAN AGAMA MASA DEPAN

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
AQIDAH Mmtc, ‘ 11.
Advertisements

Agama Islam Pertemuan ke-3.
Oleh: Muhsin Hariyanto
Pranata Agama Dalam bahasa Arab agama disebut ad-dien yang artinya hukun atau undang undang ciptaan yang maha kuasa. Sedang dalam bahasa sansekerta, a.
AL-ISLAM KEMUHAMMADIYAHAN
SYAHADAT Syahadat merupakan asas dan dasar bagi rukun Islam lainnya. Syahadat merupakan ruh, inti dan landasan seluruh ajaran Islam. Syahadat sering disebut.
Agama dan Evolusi Drs. H. Nur Syahid, MPdI
KERANGKA DASAR AGAMA DAN AJARAN ISLAM
HUBUNGAN AGAMA, NEGARA DAN HUKUM
PANGGILAN HIDUP MEMBIARA
HUKUM DAKWAH REDAKSI AYAT
PENGERTIAN ISLAM DAN AJARANNYA
PENGERTIAN AGAMA ISLAM
AGAMA Agama merupakan bagian yang terpenting dalam kehidupan manusia. Agama berkaitan dengan kepercayaan-kepercayaan, keyakinan-keyakinan terhadap Tuhan.
KONSEP KETUHANAN DALAM ISLAM
KONSEP KETUHANAN DALAM ISLAM
BAB II IMAN DAN TAQWA.
KONSEP KEIMANAN DALAM ISLAM
Oleh : Achmad Farisi Aziz, M.Pd.I
    
Kur Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Untuk SMP Kelas VII.
Dialog dengan Islam Apa yang anda ketahui tentang Agama Islam ?
TUHAN TAK ANGKUH, DIA BERKENAN HADIR BILA DIUNDANG
GEREJA YANG KONTEKSTUAL
Kedahsyatan Dua Kalimah Syahadat
BIMBINGAN KONSELING.
ISLAM AGAMA PLURALIS DAN UNIVERSAL
[”Katakanlah: “Dialah Allah Yang Maha Esa [”Katakanlah: “Dialah Allah Yang Maha Esa. Allah adalah Tuhan yang bergantung kepadaNya segala sesuatu.
Shabrina Luthfiani Hadiwirosa
BISMILLAHIR-RAHMANIR-RAHIIM
1. Konsep Masyarakat Madani Pengertian Masyarakat Madani
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Azaria Cahyarani Muhammad Dicky Niea Ardella Wahyu Sada
KEIMANAN DAN KETAKWAAN created by PRICELIA ATIKA FKIP BS
PETA KONSEP : TUHAN YANG MAHA ESA DAN KETUHANAN
TUHAN YANG MAHA ESA dan KETUHANAN
Tuhan Yang Maha Esa dan Ketuhanan
Tuhan Yang Maha Esa dan Ketuhanan
KONSEP TUHAN MANUSIA & ALAM
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Kandungan Kalimat Syahadat (Madlulusy syahadah)
السلام عليكم ورحمت الله وبركاته
Agama Islam Ke-iman-an dan Dan ke-taqwa-an.
بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
Kesempurnaan Ajaran Islam
M. Irvan pratama NABIL MUMTAZ
Istilah-Istilah dalam Tasawuf
Definisi Agama Agama adalah salah satu istilah dalam bahasa Indonesia yang berasal dari bahasa sanskerta. Istilah ini terambil dari dua kata yaitu a dan.
KONSEP KETUHANAN DALAM ISLAM
HUBUNGAN MANUSIA DENGAN AGAMA
By : 1. Rizal hartono 2.Muhammad fajar
KERANGKA DASAR AGAMA DAN AJARAN ISLAM
KBM 1 FIQH ISLAMI BAB 2 : SOLAT DALAM ISLAM
KERANGKA DASAR AGAMA DAN AJARAN ISLAM
ASSALAMUALAIKUM.
RUNTUHNYA TEORI EVOLUSI
AQIDAH UNIT 2 Kelas Bimbingan Dewasa.
1. MENELUSURI HAKIKAT GEREJA a. Gereja : umat allah Dalam perjanjian baru gambaran gereja sebagai umat allah dapat ditemukan dalam 1ptr. 2:10; rm. 9:25.
Oleh: Muhsin Hariyanto
Hakikat keimanan dan buahnya
MAKRIFAT KEPADA ALLAH.
BAB 1: AKHLAK MUSLIM TERHADAP AGAMA ISLAM
KBM 4 AQIDAH ISLAMIAH BAB 1 : FIRAQ DALAM ISLAM
Diploma Pengajian Islam Andalus
(E 11) اَلتَّوَازُنُ.
AQIDAH UNIT 1 Kelas Bimbingan Dewasa.
بسم الله الرحمن الرحيم. Agama Islam Kelompok 3 : Athifah Midra Nanda Delina Fara Dinda Ayu Rahma.
Disusun oleh : Irfan Nur Azhari( ) Wahyu Utomo Budi Prasetyo( ) Eko Suryo Utomo( )
AQIDAH AKHLAK KELAS : X / 1 HM. SHOLEH SYAR’I. TUJUAN HIDUP AllahSurga Bumi Sukses Gagal Surga Neraka Manusia = Makhluk surga, bukan makhluk bumi Bahagia.
HUBUNGAN HUKUM ISLAM DG AGAMA ISLAM. Pendahuluan Sebelum masuknya hukum Islam, rakyat Indonesia menganut hukum adat yang bermacam-macam sistemnya dan.
Transcript presentasi:

SPIRITUALISMe DAN AGAMA MASA DEPAN OLEH SYAMSUL HUDA

Apakah ada harapan baik bagi kehidupan beragama di masa sekarang dan masa depan ? John Naisbitt dan Patricia Aburdene~ Spirituality, Yes Organized Religion, No.

Thomas Jefferson ~ menganut pandangan serupa Thomas Jefferson ~ menganut pandangan serupa. Jefferson mengaku sebagai percaya kepada Tuhan (Deisme), kepada Kemaha-Esaan Tuhan (Unitarianisme), dan kepada Kebenaran Universal (Universalisme).

Alvin Tuffler : sebagai gejala kultus (cult) ? Yaitu bentuk gerakan spiritual (dan keagamaan) dengan sistem pengorganisasian dengan ciri-ciri : Ketat, penuh disiplin, absolutistic, dan dengan sendirinya, kurang toleran kepada kelompok. merajalelanya kultus adalah gejala sosial yang membingungkan gejala-gejala dalam masyarakat industri, yaitu kesepian, hilangnya struktur kemasyarakatan yang kukuh, dan ambruknya makna yang berlaku

Dalam kata lain, masyarakat industri telah mengakibatkan alienasi atau keterasingan pada diri pribadi dan para anggotanya Eric Fromm : Alienasi yang kita temukan dalam masyarakat modern adalah hampir total; ia meliputi hubungan manusia dengan pekerjaannya, ke benda-benda yang ia konsumsi, ke negara, ke sesamanya, dan ke dirinya sendiri. Manusia telah menciptakan suatu dunia dari barang-barang buatan manusia yang tidak pernah ada sebelumnya.

Efek Sebuah Kultus adalah palliative, yakni memberi hiburan cepat dan jangka pendek, jadi ada unsur kepalsuan di dalamnya. Kultus : merupakan bentuk pelarian spiritual karena kebingungan dan kesepian yang tidak dapat diselesaikan oleh agama formal atau terorganisasi.

AGAMA MONOTHEISME Max Weber “monotheisme murni”—strict monotheisme,[i] sebagaimana yang terkenal.[ii] tecantum secara ringkas dan padat dalam al-Qura’an, Syurat al-Ikhlash [i] “Only Judaism and Islam are strictly monotheismtic in principle, and even in the latter there are some deviation from monotheism in the later cult of saints. …. [ii] Yaitu al-Qur’an, surat No. 112, yang secara popular disebut Surat “Qul-hu”, yang artinya dalam terjemahan kurang lebih adalah : Katakan (wahai Muhammad): “Dia, Allah (Tuhan itu), adalah Maha Esa. Allah, awal dan akhir segala harapan; Yang tidak beranak, dan tidak pula diperanakkan; Yang tiada sesuatupun bagi-Nya bandingan.

Kalimah Syahadah “ Aku bersaksi bahwasanya tidak ada tuhan (illah) ..”, yakni. “aku menyetakan diri bebas dari kungkungan kepercayaan-kepercayaan palsu yang membelenggu dan menjerat tuhanku,” Kemudian, untuk sempurnanya proses pembebasan itu pernyataan diteruskan dengan” ..kecuali Allah (al-Ilah al-Lah, yakni Tuhan yang sebenarnya, yang dipahami dalam kerangka semangat ajaran Ketuhanan Yang maha Esa atau tauhid uluhiyyah, monotheisme murni—strict monotheisme—di atas. Inilah teologi pembebasan” sebenar-benarnya, jika memang kita harus (dan boleh) menggunakan istilah yang popular di kalangan para aktifis keagamaan (Katolik) di Amirika latin itu

DASAR TEOLOGISNYA QS.al-Isra’;17:79 “Hambaku senantiasa mendekatkan diri kepada Ku dengan perbuatan-perbuatan (nawafil)hingga Aku cinta kepadanya. Orang yang Kucintai menjadi telinga, mata, dan tangan Ku” ( Hadis Qudsi).

BERTAUHID dalam PERSPEKTIF CINTA (Mahabbah) Memeluk kepatuhan pada Tuhan dan membenci sikap melawan kepadaNya; Menyerahkan seluruh diri kepada yang dikasihi; Mengosongkan hati dari segala-galanya kecuali dari diri yang dikasihi. Tujuannya ingin dekat dengan Tuhan

PERIBADI ISTIQOMAH TEGUH HATI TAAT ASAS ATAU KONSISTEN KEMANTAPAN→ STABIL DAN DINAMIS.

Apa Makna Dzikir Sebagai Salah Satu Bagian Dari Ajaran Agama Islam Memahami dan mengembangkan dimensi al-Qura’n Islam, yang tidak membatasi Dzikir Islam hanya kepada suatu pola budaya Timur Tengah di masa lalu, dan yang akan melepaskan ketertutupannya sekarang. Memahami dan mengembangkan dimensi kerahanian dan kecintaan Ilahi sebagaimana dikembangkan oleh Dzu al-Nun AL-Misri dan Ibn ‘Arabi, untuk melawan paham keagamaan yang formalistic-ritualistik serta literalisme kosong, agar dihayati makna shalat sebagai penyatuan dengan Allah, zakat sebzgai penyatuan dengan kemanusiaan, haji sebagai penyatuan dengan seluruh aumat, dan puasa sebagai sarana ingat kepada Allah dan orang kelaparan sekaligus. Memahami dan mengembangkan dimensi sosial, guna menanggulangi maslah kepentingan pribadi yang saling bertentangan, dan untuk menwujudkan pemerataan pembagian kekayaan.

kesimpulan Orang yang mencapai tingkat istiqomah (sehat-jasmani dan rahani) ia tidak akan goyah, apalagi takut, ia hidup dinamis, berjalan di atas kebenaran demi kebenaran, untuk sampai akhirnya kembali kepada Tuhan, Sang Kebenaran Mutlak. Dan kesadaran akan hidup menuju Tuhan itulah yang akan memberi kebahagiaan sejati, sesuai janji Tuhan. Semakin dekat dengan Tuhannya akan semakin tak terhingga kebahagiaan dalam kehidupannya

TERIMAKASIH