Dilla Alfianur Kumalasari 0238

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
3 – Activity and Intent Willy, M.Kom.
Advertisements

Workshop Developing Android Apps
Free Powerpoint Templates Page 1 Free Powerpoint Templates Mobile Computing Dengan Android Pertemuan 7 View Component Oleh: Adam Arif Budiman STMIK Bani.
PERTEMUAN 3 PAB Bahasan: Layout,Class,Trigger Button Intent.
Mobile Programming Pertemuan 4 Presented by Mulyono
Mobile Programming Intro Android.
Pemrograman Visual Oleh : Erni Fatmawati.
High Level User Interface
Tahapan Pengembangan Multimedia
Algoritma dan Pemrograman 2A
Pemrograman Mobile Android # 5
Pemrograman Visual (Borland Delphi 7.0)
Pemrograman Mobile Android # 3
Struktur Class Java Android
Menu pada Android Oleh Yanuangga G.H.L.
PJ : Nuraini Purwandari
Pemrograman Bergerak Pembuatan Activity 1.
Layouting Tampilan Pengenalan Layout Android
Sikllus Pengembangan Aplikasi Multimedia
ANDROID ACTIVITY.
Pengenalan Borland Delphi 7.0
Pemrograman Terstruktur I dengan Delphi
Komponen GUI Menambahkan Komponen.
JSF Java Server Faces.
Mobile computing – Android Activity dan Intent
Struktur Aplikasi Android
An’ Anqinudin Lahitama, S.Kom
Pemrograman Perangkat Mobile
KOMPONEN APLIKASI ANDROID
DISKUSI PERTEMUAN 3 Pemrograman mobile 2 Ti 15 D
Pertemuan 3 : Komponen Aplikasi Android
Belajar Pemrograman Mobile Part 2.
Pemrograman Mobile 2 Pertemuan 4.
P E R T E M U A N 5 FRAGMENT.
Pemograman mobile 2 Kelompok 3 Khoerul Umam ( )
Presentasi materi pemrogaman mobile 2 pertemuan ke 3
Komponen Aplikasi Android
KELOMPOK 1 : PEMROGRAMAN MOBILE PERTEMUAN KE 3
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Nur Dwi Ramadani ( )
Anggota Kelompok: 1. Rinta Setyo Nugroho 2. Anan Ar Rozzaq
PEMROGRAMAN MOBILE 2 KELOMPOK 7 TI 15 D.
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Dina Murniati Putri (NIM )
PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2
FRAGMENT KELOMPOK 3 Abdurahman Agung Edi W Eko Prasetyo Fahrul Rosi
FRAGMENT Pemrograman Mobile 2 Disusun Oleh :
Kelompok 3 Khoerul Umam Dwi Yulianto K.W
Pemrograman Mobile Kelompok Pertemuan 5.
Komponen Aplikasi Android
Pengenalan Pemrograman Mobile PART 5 - FRAGMEN.
KELOMPOK 6 Ragil Setiawan Muhamad Ma’ruf Siti Roudhotul Janah
Fragment Nama anggota : Andian Ramadhan
FRAGMENT Nama anggota :
9 Mobile Computing 2 SKS Dedy Alamsyah, S.Kom..
PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2
PENGENALAN Pemrograman MOBILE 2
PMO Pertemuan Ke 5 Fragment
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Moh.Solahudin ( )
Mobile Programming Folder Resources (Res) dan tata kelolanya
PEMROGRAMAN MOBILE 1.
PEMROGRAMAN MOBILE PERTEMUAN KE-5
Mobile Computing Fery Updi, M.Kom..
PEMROGRAMAN MOBILE I KELOMPOK 4
Arif Risqiantoro Dadang wahyu utomo Isnan aditia
FRAGMENT PEMROGRAMAN MOBILE 2.
PEMROGRAMAN MOBILE 2 PERTEMUAN 3
Pemrograman Perangkat bergerak Dosen: RBD
PEMROGRAMAN MOBILE 1 PERTEMUAN 4
PEMROGRAMAN MOBILE 1 RPS 8
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Pemahaman XML Parsing.
Komponen activity Dosen: Maimun, S.T., M.T.. 1. Activity Kegiatan apa yang akan ditampilkan dan dilakukan user pada sebuah window Berisi lifecycle / daur.
Transcript presentasi:

Dilla Alfianur Kumalasari 0238 Pemrograman Mobile 2 DISKUSI PERTEMUAN KE-3 Muhammad Hafidz A. 0195 Dwi Andi Kurniawan 0214 Oftriah 0237 Dilla Alfianur Kumalasari 0238 Hifari Agarica 0240 ALLPPT.com _ Free PowerPoint Templates, Diagrams and Charts

Materi Pembahasan Komponen Aplikasi Android Hyrarchy of Screen Elements Proses Thread Siklus Hidup Activity Project Structure Struktur XML Jenis-jenis Layout Mendesain User Interface / Layout Android UI Control (Textview, EditText, Button, Spinner, Checkbox, Radio button) Contoh program UI Control dalam aplikasi

Komponen Aplikasi Android

Hyrarchy of Screen Elements ????????

Proses Thread Thread adalah bagian di dalam sebuah proses ,yang dapat dijadwalkan untuk di eksekusi. Semua thread dari sebuah proses ,akan saling membagi virtual address space  dan system resources. Sedangkan proses mempunyai virtual address space tersendiri atau terpisah. Thread memiliki akses langsung ke segmen data dari proses. sedangkan proses mempunyai salinan segmen data ,dari induk proses sendiri. User thread didukung oleh kernel dan diimplementasikan oleh thread library yang ditingkat pengguna. Kernel thread didukung secara langsung oleh sistem operasi: pembentukan thread, penjadualan, dan managemen dilakukan oleh kernel dalam ruang kernel.

Siklus Hidup Activity onCreate() Method ini dipanggil ketika activity pertama kali dibuat onStart() Method ini dipanggil ketika sebuah activity tampil ke pengguna onResume() Method ini dipanggil ketika activity yang berjalan pada saat itu dihentikan sementara (paused) dan activity sebelumnya dijalankan kembali(resumed). (Hasil dari method OnRestart()) onFreeze() Method ini dipanggil ketika activity berada dalam keadaan freeze atau tidak merespon akibat sedang sibuk mengerjakan task tertentu pada sistem onPause() Method ini dipanggil ketika activity di hentikan sementara (pause) dan berikutnya ketika dijalankan kembali akan berada dalam posisi resume dan memanggil method OnResume()  onStop() Method ini dipanggil ketika activity tidak lagi tampak kepada pengguna  onDestroy() Method ini dipanggil sebelum activity dihancurkan (destroy) oleh sistem (baik secara manual maupun untuk kepentingan pelonggaran memori onRestart() Method ini dipanggil ketika acitivity dijalankan kembali setelah state Stop

Projetc Strukture Src Generate Versi android Asset Res Manifest

Strukture XML Contoh : <?xml version="1.0" encoding="ISO-8859-1"?> <?xml version="1.0"?> <buku> <pengarang>robert</pengarang> <judul>mak lampir</judul> <tahun>1990</tahun> </buku> Penjelasan : Baris pertama merupakan deklarasi XML, Ini mendefinisikan versi XML (1.0) dan pengkodean yang digunakan (ISO-8859-1 = Latin-1/West European character set). Baris berikutnya menggambarkan root element dari dokumen, seperti mengatakan, dokumen ini adalah tentang buku Tiga baris berikutnya menggambarkan child element dari root (pengarang, judul, tahun) Dan baris terakhir adalah penutup root

Jenis-Jenis Layout Relative Layout Linear Layout Absolute Layout Layout adalah sebuah struktur visual yang digunakan untuk antarmuka pengguna Relative Layout Linear Layout Absolute Layout Frame Layout Table Layout Grid View Tab Layout List View

Relative layout adalah layout yang tergantung Relative layout adalah layout yang tergantung. Relative layout akan meletakkan elemen secar a bebas, tidak terurut. Peletakan berdasarkan k etergantungannya kepada yang lain misal kepa da parent atau kepada elemen lain. Linear layout adalah layout yang terstruktur. li near layout akan meletakkan elemen yang ada di dalamnya secara berurutan tergantung orien tationnya. jika  orientationnya vertical, maka peletakan elemen akan terurut kebawah. Seda ngkan jika orientationnya horizontal maka pel etakan elemennya akan terurut ke samping.

Absolute Layout adalah tampilan dimana kita d apat memasukkan posisi x dan y dari widget ya ng ada di dalamnya secara pasti sehingga pene mpatan posisi dapat ditentukan secara pasti. Frame Layout merupakan tampilan dimana wi dget-widget di dalamnya akan saling menumpu k satu sama lain dan widget yang ditulis lebih akhir akan diletakkan di DEPAN widget sebelu mnya, sehingga akan menutupi kecuali jika wa rnanya transparan.

Table layout adalah layout yang menampilkan elemen view berdasarkan baris dan kolom. Grid view adalah layout grid yang bia sa digunakan untuk membuat galeri f oto.

TabLayout adalah layout pada android dengan desain seperti tab ListView adalah jenis layout dengan tampilan list.

Mendesain User Interface / Layout Dalam mendesain Interface perlu memperhatikan beberapa hal berikut : Mengetahui Karakteristik Pengguna Xxx Xxxx Xx X ....

Android UI Control UI Control merupakan komponen interaktif atau View yang digunakan untuk merancang antarmuka pengguna aplikasi (Textview, EditText, Button, Spinner, Checkbox, Radio button)

Contoh program UI Control dalam aplikasi Aplikasi Numberik