HUKUM PERDATA ISLAM (FIQH MUAMALAT)

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Hukum Islam tentang Muamalah
Advertisements

BANK DAN LEMBAGA KEUNGAN LAINNYA
Asuransi Pengertian Asuransi Macam-macam Asuransi Pandangan para ulama
ISTILAH KUNCI DALAM MEMPELAJARI HUKUM ISLAM
PRINSIP-PRINSIP AKAD PADA PRODUK PERBANKAN SYARI’AH
HUKUM KONTRAK DALAM ISLAM
Bank syariah, aplikasi,PRODUK dan landasan hukumnya
AKAD & TRANSAKSI DALAM OPERASI SYARI’AH Created by: Lili Syafitri, SE., Ak.,M.Si.
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
JUAL BELI DALAM PANDANGAN ISLAM
ASAS-ASAS UMUM HUKUM ISLAM
ISLAM AGAMA KOMREHENSIF / SYUMUL
BAHAN AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
PERBANDINGAN HUKUM POSITIF DENGAN HUKUM SYARIAH
HUKUM ISLAM DALAM SISTEM HUKUM INDONESIA
Oleh: Ruslan A Ghofur Noor
Operasional Lembaga Bisnis Syariah
Hakekat Perbankan Syariah
BANK SYARIAH.
Bab V HUKUM ISLAM Universitas Narotama.
BANK SYARIAH.
Hukum Muamalah Armein Muhammad Fikri (6) Husnul Khotimah Matoha (15)
HUKUM ISLAM A. Sunnatullah. B. Fiqh. C. Ushul Fiqh.
BANK SYARIAH.
KONSEP HARTA, KEWAJIBAN DAN
AKUNTANSI PERBANKAN SYARIAH: Teori dan Praktik Kontemporer
FIQH DAN FIQH MUAMALAH.
BANK SYARIAH.
Falsafah Dan Konsep Dasar Perbankan Islam Serta Sistem Ekonomi Islam
Etika Bisnis Islami Murabahah & Mudharabah Kelompok 2:
ETIKA BISNIS ISLAM.
MANAJEMEN BANK SYARIAH
HUKUM PERDATA ISLAM (FIQH MUAMALAT)
Kerangka Dasar Agama Islam Dan Ajaran Hukum Islam (Bagian Kedua)
PRINSIP HUKUM MUAMALAT
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM II
MANAJEMEN BANK SYARIAH
SISTEM KEUANGAN SYARIAH
JAUHAR FARADIS EL MASYKURY
HUKUM ISLAM.
Anang Zubaidy Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia April 2013
وبركاته الله ورحمة عليكم السّلام
Hubungan Ekonomi dan Hukum dalam Islam
Kelompok 6 : Septi Indriasari Desy Iswara
JENIS JASA KEUANGAN ISLAM
Fiqh Muamalah “Murabahah” Dosen Pembimbing: ABDUL HAMID, M.A
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Hukum Islam Aisha Nadha Audina ( )
PERBANKAN SYARIAH Akuntansi Syariah: (Prof. Iwan Triyuwono) : sebagai proses akuntansi yang menyediakan informasi yang tepat/sesuai (yang tidak dibatasi.
Jual Beli dan Jual Beli Terlarang I
PERBANKAN SYARIAH Nama Kelompok 4 : Gadis wijayanti ( )
Anggota Kelompok: M. Nur Adi Purnomo Nabil Rizqi Ahmad Fauzan
MOH. IRFAN HILMI MATA KULIAH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Pengertian Hukum Islam
AKAD JUAL BELI.
AKUNTANSI PERBANKAN SYARIAH: Teori dan Praktik Kontemporer
PILAR-PILAR EKONOMI ISLAM
BAB 3 SYARIAH DALAM KEHIDUPAN MUSLIM
PEMIKIRAN EKONOMI ISLAM
BAB 11 EKONOMI ISLAM.
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Objek Kajian Fiqh, Ushul Fiqh, Tujuan, dan Kegunaan
Sistem Hukum Indonesia ( bahan 13 ) Bhn 13 SISTEM HUKUM INDONESIA
SISTEM KEUANGAN SYARIAH
MANAJEMEN BANK SYARIAH
Oleh : KH. M. Shiddiq Al Jawi, S.Si, MSI
Sistem Keuangan Syariah
MANAJEMEN BANK SYARIAH
HUBUNGAN HUKUM ISLAM DG AGAMA ISLAM. Pendahuluan Sebelum masuknya hukum Islam, rakyat Indonesia menganut hukum adat yang bermacam-macam sistemnya dan.
KONSEP HUKUM DAN SUMBER HUKUM ISLAM MAKALAH UNTUK MEMENUHI TUGAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Kelompok 3/ Kelas 40 Jatmiko Dwi Purnomo ( ) Putri Nurul.
Transcript presentasi:

HUKUM PERDATA ISLAM (FIQH MUAMALAT) JAUHAR FARADIS EL MASYKURY

ISLAM AQIDAH SYARIAH ALKHLAK IBADAH MUAMALAH HUKUM PIDANA/ PERDATA EKONOMI & FINANSIAL POLITIK ASURANSI BANK PASAR MODAL LEASING PEGADAIAN SEKTOR RIEL DLL MLMS AHAD NET

SISTEM SYARI’AH ADALAH SISTEM TERBAIK CIPTAAN ALLAH YANG HARUS DIIKUTI ثم جعلناك على شريعة من الأمر فاتبعها ولآ تتبع أهواء الذين لا يعلمون Kemudian kami menjadikan bagi kamu suatu syari’ah, Maka ikutilah syari’ah itu, Jangan ikuti hawa nafsu orang-orang yang memahami syari’ah (Al-Jatsiyah : 18)

Fiqh Pengetahuan (pemahaman) tentang hukum-hukum syara’ yang berhubungan dengan ‘amaliyah manusia berdasarkan atas dalil-dalil yang jelas dan terperinci Jenis – jenis fiqh : Ibadah, Muamalah, Munakahah, Siyasah, Jinayah dll Hubungan Syariah dan Fiqh Syariah adalah ajaran, prinsip, dan hukum dari Allah dan Rasul atau dasar-dasar pokok agama Islam yang bersumber dari Allah dan Rasul Fiqh adalah hukum aplikatif (ibadah dan muamalah) berdasarkan hukum Allah dan Rasul Syariah lebih luas dan komprehensif, fiqh buah kajian manusia sebagai implementasi dari syariah

Pengertian Muamalah Menurut Etimologi Muamalah berasal dari kata معاملة Bentuk Masdar dari عامل – يعامل- معاملة Artinya : Saling bertindak, saling berbuat, saling mengamalkan

Pengertian Muamalah menurut Istilah Pengertian Sempit Muamalah Pengertian Luas

Pengertian Sempit Khudhari Byk Semua akad yang membolehkan manusia saling menukar manfaatnya Rasyid Ridha : “Tukar menukar barang atau sesuatu yang bermanfaat dengan cara yang ditentukan”

Pengertian Muamalah secara Sempit (Khusus) Dr.Mustafa Ahmad Zarqa, “Hukum-hukum tentang perbuatan manusia yang berkaitan dengan hubungan sesama manusia mengenai harta kekayaan, hak-hak dan penyelesaian sengketa”. (Al-Madkhal al-Fiqh Al-Am, Damaskus, 1966-1967, Al-Adib, hlm.55)

Pengertian Muamalah (secara Luas) Imam Syafi’i: “al-’ilmu bil ahkam asy-syar’iyyah al-’amaliyyah al-muktasabah min adillatiha at-tafshiliyyah” (mengetahui hukum-hukum syara’ yang bersifat amaliyah yang didapatkan dari dalil-dalil terperinci) Al-ilmu : ilmu Al ahkam : tuntutan allah (perintah/larangan) Asy syari’yyah : hukum yag diambil dari syara’ Al ‘amaliyyah : aktifitas Al muktasabah : proses ijtihad ulama Adillatiha at tafshiliyyah : dalil yang terdapat dalam qur’an, hadis, ijma’ ataupun qiyas.

Menurut Yusuf Musa : “Peraturan-peraturan Allah yang harus diikuti dan dita’ati dalam hidup bermasyarakat untuk menjaga kepentingan manusia” “Segala peraturan yang diciptakan Allah untuk mengatur hubungan manusia dengan manusia dalam kehidupannya”

Dr.Abdul Sattar Fathullah Sa’id : dalam Al-Muamalah fil Islam معاملة هي الأحكام المتعلقات بتصرفات الناس في شؤنهم الدنيوية كأحكام البيع والرهن والتجارة والمزا رعة والصنعة والاجارة والشركة والمضاربة والنكاح و الرضاع والطلاق والعدة والهبات والهديات والموارث والوصايا والحرب والصلح

“Fiqh muamalat ialah hukum syari’ah yang berkaitan dengan Dr.Abdul Sattar Fathullah Sa’id : “Fiqh muamalat ialah hukum syari’ah yang berkaitan dengan transaksi manusia mengenai jual beli, gadai, perdagangan, pertanian, sewa,menyewa, perkongsian, perkawinan, penyusuan thalak, iddah, hibah & hadiah, washiat, warisan, perang dan damai”. Al-Muamalah fil Islam, Makkah, Rabithah alam Al-Islami, hlm.12

muamalah kita, pengertian luas ini Dalam konteks muamalah dalam makna luas, Ibnu Abidin membagi muamalah kepada 5 bidang Mu’awadhah Maliyah (hukum kebendaan) Munakahat (Hukum perkawinan) Muhasanat (Hukum Acara) Amanat dan ‘Ariyah (Pinjaman) Tirkah (harta warisan) Dalam kajian muamalah kita, pengertian luas ini tidak kita gunakan

Pengertian Muamalah Secara Luas Kesimpulan Pengertian Muamalah Secara Luas “Muamalah adalah : “Aturan-aturan Allah untuk mengatur manusia dalam kaitannya dengan urusan duniawi dalam pergaulan sosial”.

Muamalah ialah : “Aturan-aturan Allah yang mengatur hubungan manusia dengan manusia dalam memperoleh dan mengembangkan harta benda” Muamalah ialah “aturan tentang kegiatan ekonomi manusia”

Perbedaan Pengertian Muamalah dalam arti sempit dan luas adalah dalam cakupannya Pengertian luas mencakup munakahat, warisan, politik, pidana. Sedangkan dalam makna sempit cakupannya hanya tentang ekonomi (iqtishadiyah)

Hukum antara satu pribadi dengan yang lain Fiqh muamalah Hukum antara satu pribadi dengan yang lain Hukum antar pribadi dengan negara Hukum antara negara dengan negara lain

Muamalah Al-Muamalah Al-Muamalah Al-Maddiyah Al-Adabiyah Pembagian Muamalah yang mengkaji Objeknya (bendanya). ( Sehingga kajiannya Bersifat kebendaan) Seperti apakah benda itu Halal, haram, syubhat,mengan dung manfaat or mudharat Keharusan membeli benda halal misalnya dimaksudkan Untuk mencari ridha Allah, Bukan profit oriented. Muamalah yang mengkaji Subjeknya,seperti kajian tentang ijab-qabul, penipuan, kerelaan, dusta, Sumpah palsu dan persoalan Yang berkaitan dengan Etika bisnis (adabiyah) dari pelakunya

Ruang Lingkup Fiqh Muamalah Harta dan ’Ukud )akad-akad) Buyu’ (tentang jual beli) Ar-Rahn (tentang pegadaian) Hiwalah (pengalihan hutang) Ash-Shulhu (perdamaian bisnis) Adh-Dhaman (jaminan, asuransi) Syirkah (tentang perkongsian) Wakalah (tentang perwakilan) Wadi’ah (tentang penitipan) ‘Ariyah (tentang peminjaman) Ghasab (perampasan harta orang lain dengan tidak shah) Syuf’ah (hak diutamakan dalam syirkah atau sepadan tanah) Mudharabah (syirkah modal dan tenaga) Musaqat (syirkah dalam pengairan kebun) Muzara’ah (kerjasama pertanian) Kafalah (penjaminan) Taflis (jatuh bangkrut) Al-Hajru (batasan bertindak) Ji’alah (sayembara, pemberian fee) Qaradh (pejaman) Ba’i Murabahah Bai’ Salam Bai Istishna’ Ba’i Muajjal dan Ba’i Taqsith Ba’i Sharf dan Konsep Uang ’Urbun (panjar/DP) Ijarah (sewa-menyewa) Riba Sukuk (surat utang) Faraidh (warisan) Luqthah (barang tercecer) Waqaf Hibah Washiat Iqrar (pengakuan) Qismul fa’i wal ghanimah (pembagian fa’i dan ghanimah) ََََََُQism ash-Shadaqat (tentang pembagian zakat) Ibrak (pembebasan hutang) Muqasah (Discount) Kharaj, Jizyah, Dharibah,Ushur Baitul Mal

Ruang Lingkup di era Modern Perbankan Asuransi Pasar Modal Obligasi Reksadana BMT (Baitul Mal wat Tamwil) Koperasi Pegadaian MLM Syari’ah Fungsi Uang (Moneter) Kebijakan Fiskal Kebijakan Moneter,dll

Maslahat sebagai prinsip Muamalah Muamalat adalah aturan syari’ah tentang hubungan sosial di antara manusia. Hukum-hukum muamalat memberikan perhatian sangat besar terhadap kemaslahatan manusia dan maqashid syari’ahnya bisa ditemukan akal manusia. Dalam muamalat, dijelaskan secara luas illat, rahasia dan tujuan kemaslahatan suatu hukum muamalat. Ini mengandung indikasi agar manusia memperhatikan kemaslahatan dalam bidang muamalat dan tidak hanya berpegang pada tuntutan teks nash semata, karena mungkin suatu teks ditetapkan berdasarkan kemaslahatan tertentu, kondisi, adat, waktu dan tempat tertentu.

PERBEDAAN PRINSIP IBADAH DAN MUAMALAH No IBADAH MUAMALAH 1 Bersifat tetap ((ثابتة Bersifat Elastis ((متغيرة 2 Tidak bisa berkembang Dapat berkembang sesuai dengan zaman & tempat 3 Bersifat khusus,eksklusif Bersifat universal, inklusif 4 Nash-nash lebih terinci (tafshili) Nash-nash umumnya general 5 Peluang Ijtihad sempit Peluang ijtihad luas

KAEDAH IBADAH DAN MUAMALAH الآصل في العبادة التحريم حتى يدل الدليل على إ باحتها “Pada dasarnya dalam ibadah adalah haram, kecuali ada dalil Yang membolehkannya” الآصل في المعاملة الابا حة حتى يدل الدليل على تحريمها “Pada dasarnya semua aktivitas muamalah adalah boleh kecuali ada dalil yang melarangnya”

KONSEP DASAR FIQH MUAMALAH Hukum asal dalam muamalah adalah mubah (diperbolehkan) Konsep Fiqh Muamalah untuk mewujudkan kemaslahatan Menetapkan harga yang kompetitif Meninggalkan intervensi yang dilarang Menghindari eksploitasi Memberikan kelenturan dan toleransi Jujur dan amanah

Prinsip Muamalah Bolehnya segala bentuk usaha Haramnya segala kezaliman dengan memakan harta secara bathil, seperti : riba, ghasab, korupsi, monopoli, penimbunan , dll Jujur dan saling menasehati Asas manfaat yang diakui syara’ dalam setiap akad Tidak ada penipuan & manipulasi, MAGHRIB ( Maysir, Ghoror, Riba ) Tidak melalaikan dan meninggalkan kewajiban atau bertentangan dengan manhaj Allah Asas akuntabilitas

Sumber Hukum Fiqh Muamalah Maliyah AL QURAN AL HADITS Sumber Hukum Fiqh Muamalah Maliyah Ijma NASH Qiyas Istihsan Ijtihad Istislah PRIMER SEKUNDER next ‘Urf

Sumber Hukum Fiqh Muamalah Maliyah PRIMER Al QURAN QIYAS  Hukum rinci yg mendasar  Permasalahan ekonomi dan keluarga berkembang  Hukum yg bersifat umum  Nilai-nilai Ekonomi  Al Qur’an & Hadits terbatas Nashnya IJMA ASSUNNAH  Adanya persamaan sebab dan permasalahan hukum yang berkembang  Kesepakatan  Rinciannya dalam :  Penjelasan Al Qur’an  Ijma’ Wilayah As sunnah Ijtihad  Perinci Al Qur’an  Konferensi Fiqh Internasional  Penemu Hukum Ekonomi  Memberikan koridor & batas kegiatan ekonomi  Memberi subtansi  Melihat Konteks Periwayatan sunnah

Sumber Hukum Fiqh Muamalah Maliyah SEKUNDER ISTIHSAN AL ‘URF  Kebiasaan kelompok masyarakat akan sesuatu yang menjadi rujukan ISTISLAH  meninggalkan Qiyas karena adan alasan yg lebih kuat  Penetapan hukum berlandaskan kepentingan umum (mashlahat) yg tidak terdapat dalam Nash sumber hukum sesuai dengan tujuan syariat beberapa kaidah fiqh yang berlandaskan al ‘urf Istihsan Qiyas, daruri, sunnah, Ijma Istihsan lebih diutamakan dari Qiyas dilakukan jika ada Nash dlm Al Qur’an, Sunnah, Ijma maslahat yg dimaksud sesuai kehendak syariat sesuai dgn maqosid syariah manfaat lebih besar dari mudharatnya maslahat VS kerusakan preventif mechanisme perubahan hukum sesuai perubahan waktu & tempat maslahat vs Nash Istislah vs Istihsan masalah yg berlandaskan Istislah :  Kepentingan Publik  Peradilan & Perdata Perubahan hukum sesuai perubahan waktu & Tempat maslahat VS Nash