Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

LEARNING OBJECTIVE (TUJUAN PEMBELAJARAN) MAU KEMANA ? Gambar di sebelah menunjukkan betapa bingungnya pengajar dan peserta ajar ketika berada di dalam.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "LEARNING OBJECTIVE (TUJUAN PEMBELAJARAN) MAU KEMANA ? Gambar di sebelah menunjukkan betapa bingungnya pengajar dan peserta ajar ketika berada di dalam."— Transcript presentasi:

1

2 LEARNING OBJECTIVE (TUJUAN PEMBELAJARAN)

3 MAU KEMANA ? Gambar di sebelah menunjukkan betapa bingungnya pengajar dan peserta ajar ketika berada di dalam kelas yang tidak jelas tujuan pembelajarannya. Kita perlu menentukan tujuan pembelajaran (learning objectives) agar jelas kompetensi yang akan dicapai, menjadi arahan bagi peserta ajar, dan sebagai patokan dalam melakukan evaluasi.

4 Pengertian LO "Pernyataan (statement) yang menjelaskan kemampuan yang akan dicapai mahasiswa dalam suatu mata pelajaran"

5 Fungsi LO bagi Dosen 1.Sebagai gambaran tentang kemampuan yang harus dimiliki oleh mahasiswa setelah mengikuti pelajaran. 2.Sebagai dasar pengembangan materi pelajaran. 3.Sebagai pertimbangan memilih strategi pembelajaran yang akan digunakan. 4.Sebagai patokan dalam menyusun tes akhir. 5.Sebagai kriteria untuk mengukur keberhasilan kegiatan pembelajaran.

6 Fungsi LO bagi Mahasiswa 1.Membantu mahasiswa untuk mengetahui harapan dosen secara jelas. 2.Menjadi pedoman mahasiswa untuk fokus belajar. 3.Mengetahui indikator-indikator yang jelas untuk mengukur keberhasilan.

7 Komponen LO 1.Audience Siswa yang akan menjadi peserta belajar. 2.Behaviour Perilaku atau kemampuan yang diharapkan dikuasai siswa setelah pembelajaran. 3.Condition Prasyarat yang dibutuhkan agar siswa dapat menampilkan kemampuan atau perilaku. 4.Degree Tingkat atau taraf kemampuan siswa.

8 Contoh LO • Melalui latihan menggunakan CAD (Computer Aided Design), mahasiswa mampu mendesain gambar teknik secara bervariasi. •Melalui latihan pemecahan masalah, mahasiswa mampu mengembangkan teknik analisis lingkungan secara terpadu. •Melalui latihan mengaplikasikan software SAP, mahasiswa mampu melakukan menghitung struktur bangunan secara tepat.

9 Contoh LO 1. Melalui percobaan di laboratorium, mahasiswa dapat membuktikan kandungan protein pada putih telur sesuai dengan teori. 2. Melalui pengamatan alam, mahasiswa dapat mengklasifikasi berbagai jenis tanaman peneduh berdasarkan bentuk tajuknya. 3. Melalui demonstrasi, mahasiswa dapat mempraktikkan perawatan payudara dengan benar.


Download ppt "LEARNING OBJECTIVE (TUJUAN PEMBELAJARAN) MAU KEMANA ? Gambar di sebelah menunjukkan betapa bingungnya pengajar dan peserta ajar ketika berada di dalam."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google