Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MARKET TARGETING DAN STRATEGIC POSITIONING Memutuskan siapa pembeli sasaran dan bagaimana memposisikan produk perusahaan, merupakan landasan dari market.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MARKET TARGETING DAN STRATEGIC POSITIONING Memutuskan siapa pembeli sasaran dan bagaimana memposisikan produk perusahaan, merupakan landasan dari market."— Transcript presentasi:

1 MARKET TARGETING DAN STRATEGIC POSITIONING Memutuskan siapa pembeli sasaran dan bagaimana memposisikan produk perusahaan, merupakan landasan dari market – driven strategy, sebagai pedoman bagi perusahaan untuk memberikan nilai yang superior bagi pelanggan. STRATEGI PASAR SASARAN Penetapan Pasar yang Strategis Strategi penetapan pasar sasaran dan Positioning meliputi : 1. Identifikasi dan analisis segmen dalam pasar-produk 2. Memutuskan segmen mana yang menjadi sasaran 3. Mendesain dan mengimplementasikan strategi positioning untuk tiap pasar sasaran

2 Alternatif Pasar Sasaran Keputusan mengenai targeting mengindikasikan bagaimana kelompok pelanggan akan dilayani. Perusahaan dapat memilih satu atau beberapa segmen. Pendekatan Pasar sasaran dikelompokkan dalam 2 kategori : - Segment Targeting ( penentuan segmen sasaran) - Penentuan Sasaran melalui diferensiasi produk Lihat gambar 6.1. : Pendekatan Paar Sasaran Segment targeting mempunyai range dari segmen tunggal sampai sasaran yang meliputi seluruh atau sebagian besar pasar. - Penentuan Sasaran Segmen Tunggal Perusahaan memfokuskan usahanya pada satu kelompok pembeli dengan kebutuhan yang sama. Sangat cocok untuk perusahaan kecil dengan sumber daya yang terbatas. Kelemahannya : ketergantungan pada satu kelompok konsumen. - Penentuan Sasaran Selektif Menetapkan beberapa segmen sasaran. - Penentuan Sasaran Ekstensif Memutuskan berada pada semua segmen atau sebagian besar pembeli dalam pasar.

3 Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Penentuan Sasaran 1. Tahap Kematangan pasar 2. Besarnya diversifikasi pembeli 3. Struktur dan Intensitas persaingan 4. Sumber daya dan kemampuan korporasi 5. Keunggulan kompetitif PENENTUAN SASARAN PADA LINGKUNGAN PASAR YANG BERBEDA Ada lima lingkungan umum pada strutur industri 1. Emerging 2. Fragmented 3. Transitional 4. Declining 5. Global


Download ppt "MARKET TARGETING DAN STRATEGIC POSITIONING Memutuskan siapa pembeli sasaran dan bagaimana memposisikan produk perusahaan, merupakan landasan dari market."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google