Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

 Pendidikan diartikan sebagai usaha sadar yang sistematis dalam mengembangkan seluruh potensi, baik pola pikir maupun sikap dan perilaku yang ada dalam.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: " Pendidikan diartikan sebagai usaha sadar yang sistematis dalam mengembangkan seluruh potensi, baik pola pikir maupun sikap dan perilaku yang ada dalam."— Transcript presentasi:

1

2  Pendidikan diartikan sebagai usaha sadar yang sistematis dalam mengembangkan seluruh potensi, baik pola pikir maupun sikap dan perilaku yang ada dalam diri manusia agar menjadi manusia seutuhnya.

3 Pendidikan biasanya lebih diarahkan kepada pembentukan sikap. Aspek afektif lebih diperhatikan dalam pendidikan.

4  Menurut Nitisemito (1994) “Pelatihan adalah suatu kegiatan dari perusahaan yang bermaksud untuk dapat memperbaiki dan mengembangkan sikap, tingkah laku, ketrampilan dan pengetahuan dari para karyawan yang sesuai dengan keinginan perusahaan yang bersangkutan.”  Menurut Simamora (1997) “Pelatihan adalah proses sistematik pengubahan perilaku para karyawan dalam suatu arah guna meningkatkan tujuan-tujuan organisasional.”

5  Jadi Pelatihan dapat disimpulkan sebagai proses bersistem yang di dalamnya ada suatu kegiatan, yang dimaksudkan untuk pengembangan serta perbaikan kinerja para pesertanya guna meningkatkan tujuan-tujuan organisasional.

6 PendidikanPelatihan Dilihat dari segi waktu, pendidikan memakan waktu lebih lama, Pendidikan berlangsung sepanjang hayat manusia Pelatihan hanya untuk jangka waktu tertentu pada kondisi tertentu, masanya relatif pendek Pendidikan tidak memandang batas umur, dan tidak hanya untuk kebutuhan perusahaan, tetapi berguna dalam berbagai hal. Sasaran pelatihan dikhususkan bagi orang dewasa, umumnya sebagai pemenuh kebutuhan sebuah perusahaan Pendidikan umumnya bersifat konvensional Sedangkan pelatihan bersifat lebih modern dan flexible. Pendidikan sifatnya lebih teoritis. Pelatihan sifatnya lebih ke praktek

7 PendidikanPelatihan Pendidikan lebih toleran terhadap peningkatan kemampuan kognitif dan afektif seseorang. (perubahan perilaku dan pola pikir) / kemampuan untuk mengetahui sesuatu (knowing something). Pelatihan menginginkan terjadinya perubahan dan peningkatan keterampilan (skill), lebih mengacu pada aspek psikomotorik/ kemampuan untuk melakukan sesuatu (doing something) Pendidikan tidak membatasi aspek yang ingin dipelajari. (bersifat luas) Materi yang disajikan hanya mengacu pada satu aspek kompetensi yang ingin dicapai. (khusus) “just in time” yang artinya pembelajaran untuk suatu kompetensi atau keterampilan tertentu pada saat yang diperlukan Pendidikan umumnya bersifat konvensional Sedangkan pelatihan bersifat lebih modern dan flexible.

8  pelatihan dan pendidikan sama sama membuat seseorang belajar,  adanya transfer ilmu pegetahuan, ketrampilan, dan informasi dari sumber kepada pemelajar.

9 memerlukan sumber belajar, sarana prasarana yang mendukung Bersifat dinamis, tidak statis Memiliki tujuan akhir untuk meningkatkan kualitas diri orang tersebut

10  · Witherington (1952) : “belajar merupakan perubahan dalam kepribadian yang dimanifestasikan sebagai pola-pola respons yang baru berbentuk keterampilan, sikap, kebiasaan, pengetahuan dan kecakapan”.  · Di Vesta dan Thompson (1970) : “ belajar adalah perubahan perilaku yang relatif menetap sebagai hasil dari pengalaman”.  Gage & Berliner : “belajar adalah suatu proses perubahan perilaku yang yang muncul karena pengalaman”

11  Kembali kepada prinsip belajar ialah mengubah dari tidak tahu menjadi tahu, merubah hal yang buruk pada yang baik, serta proses perubahan tingkah laku, baik di rana h kognitif, afektif, maupun psikomotor. pendidikan, maupun pelatihan membutuhkan proses belajar dan pembelajaran. Terutama proses belajar, karena tanpa adanya sebuah proses belajar, baik pendidikan maupun pelatihan diangap sia-sia dan tidak akan bernilai guna. Tujuan dari pelatihan juga seperti itu, yaitu dapat merubah tingkah laku seseorang serta mengembangkan keahlian dan pengetahuan yang dibutuhkan guna kelangsungan hidup tiap-tiap individu dan organisasi.


Download ppt " Pendidikan diartikan sebagai usaha sadar yang sistematis dalam mengembangkan seluruh potensi, baik pola pikir maupun sikap dan perilaku yang ada dalam."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google