Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BLOCK ANOVA Oleh : Setiyowati Rahardjo. ANOVA Two Way  Menguji signifikan perbedaan rata-rata lebih dari satu macam klasifikasi, bisa dua, tiga atau.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BLOCK ANOVA Oleh : Setiyowati Rahardjo. ANOVA Two Way  Menguji signifikan perbedaan rata-rata lebih dari satu macam klasifikasi, bisa dua, tiga atau."— Transcript presentasi:

1 BLOCK ANOVA Oleh : Setiyowati Rahardjo

2 ANOVA Two Way  Menguji signifikan perbedaan rata-rata lebih dari satu macam klasifikasi, bisa dua, tiga atau lebih klasifikasi tergantung dari desain penelitian yang direncanakan. Misal : ingin mengetahui perbedaan berat badan bayi yang dilahirkan pada tiga kelompok ibu dengan tingkat sosial ekonomi yang berbeda yaitu rendah, sedang, dan tinggi (One Way)

3  Anova Two Way : penelitian hubungan kondisi sosial ekonomi keluarga dengan berat badan bayi yang dilahirkan di atas (anova satu faktor), kini dipisahkan berdasarkan tingkat pendidikan ibu (rendah, menengah dan tinggi).  Ada tiga varian antar kelompok yaitu tingkat sosial ekonomi keluarga (faktor A), tingkat pendidikan ibu (faktor B) dan faktor interaksi tingkat sosial ekonomi keluarga dan pendidikan ibu (faktor C)

4 Asumsi-asumsi : Data berdistribusi normal Data berdistribusi normal Varian homogen Varian homogen Sampel/kelompok independen Sampel/kelompok independen Jenis data yang dihubungkan adalah numerik untuk variabel dependen dan kategorik yang lebih dari 2 kelompok untuk variabel independen. Jenis data yang dihubungkan adalah numerik untuk variabel dependen dan kategorik yang lebih dari 2 kelompok untuk variabel independen.

5 BLOCK ANOVA  Dapat digunakan untuk menganalisis hasil penelitian eksperimen dengan randomisasi dengan blok  Randomisasi dgn blok : - perlakuan diterapkan pada beberapa kelompok yang homogen (blok) - perlakuan diterapkan pada beberapa kelompok yang homogen (blok) - perlakuan diberikan secara random (acak) kepada unit-unit penelitian dalam tiap blok - perlakuan diberikan secara random (acak) kepada unit-unit penelitian dalam tiap blok

6  Hipotesis Ho: Efek perlakuan = 0 Ho: Efek perlakuan = 0 (tidak ada perbedaan rata-rata) (tidak ada perbedaan rata-rata) Ha : Tidak semua efek perlakuan = 0 (Ada perbedaan rata-rata) (Ada perbedaan rata-rata) Perhitungan uji MSTr MSTr F = MSE MSE df : numerator (pembilang) = k – 1 denumerator = (n – 1) (k – 1) denumerator = (n – 1) (k – 1)

7 k = banyaknya treatment (perlakuan) n = jumlah blok ( kelompok ) LANGKAH – LANGKAH : 1. Tentukan hipotesis 2. Menghitung faktor koreksi Xij = jumlah total skor unit penelitian

8 SST = SSBl + SSTr + SSE SST = SSBl + SSTr + SSE x1 2 + x xij 2 – C SST (Total ) = x1 2 + x xij 2 – C T i 2 T i 2 SSBl (Blok) = C k T i = Jumlah total skor masing-masing blok

9 Tj 2 Tj 2 SSTr (Treatment) = C SSTr (Treatment) = C n n SSE = SST – SSBl - SSTr SSE = SST – SSBl - SSTr Tj = Jumlah total skor masing-masing perlakuan n = jumlah blok SSTr SSTr MSTr = ( k – 1 ) ( k – 1 )

10 SSE SSE MSE = (n – 1) ( k – 1 ) (n – 1) ( k – 1 ) MSTr MSTr F = MSE MSE Keputusan : Ho ditolak F hitung ≥ F tabel F hitung ≥ F tabel

11 TABEL BLOK ANOVA SumberSSdfMSF TreatmentSSTr k - 1 MSTr = SSTr/ k - 1 MSTr / MSE BlocksSSBl n - 1 MSBl = SSBl/ n - 1 ResidualSSE (n –1)(k-1) TOTALSST kn - 1

12  Contoh : Seorang ahli pengobatan ingin membandingkan tiga metode pengajaran untuk menggunakan perlengkapan pengobatan yang baru. 15 orang yang dibagi dalam lima kelompok umur dipilih secara acak untuk mendapat metode pengajaran A, B, atau C. Berikut adalah waktu yang diperlukan (hari) dari setiap orang untuk mempelajari metode tersebut. Apakah ada perbedaan waktu yang diperlukan dari ketiga metode tersebut dari setiap kelompok umur? Seorang ahli pengobatan ingin membandingkan tiga metode pengajaran untuk menggunakan perlengkapan pengobatan yang baru. 15 orang yang dibagi dalam lima kelompok umur dipilih secara acak untuk mendapat metode pengajaran A, B, atau C. Berikut adalah waktu yang diperlukan (hari) dari setiap orang untuk mempelajari metode tersebut. Apakah ada perbedaan waktu yang diperlukan dari ketiga metode tersebut dari setiap kelompok umur?

13 LATIHAN : Duapuluh lima yang kegemukan mengikuti program penurunan BB. Subyek dikelompokkan menurut pendidikan terakhir yang ditempuh. Subyek diambil secara acak untuk mendapat mendapat metode yang berbeda yaitu A, B, C, D atau E. Duapuluh lima yang kegemukan mengikuti program penurunan BB. Subyek dikelompokkan menurut pendidikan terakhir yang ditempuh. Subyek diambil secara acak untuk mendapat mendapat metode yang berbeda yaitu A, B, C, D atau E. Dari data berikut ujilah apakah ada perbedaan rata-rata penurunan dari keLima metode tersebut dari setiap kelompok pendidikan?

14 A B C D E A B C D E SD 6,2 8,4 5,5 4,5 6,0 SMP 7,2 6,7 5,6 6,6 5,5 SMA 8,0 9,5 9,9 8,7 10,8 D III 7,5 8,3 9,0 5,8 11,0 PT 6,5 6,0 6,6 10,5 11,2


Download ppt "BLOCK ANOVA Oleh : Setiyowati Rahardjo. ANOVA Two Way  Menguji signifikan perbedaan rata-rata lebih dari satu macam klasifikasi, bisa dua, tiga atau."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google