Modul Metodologi Kajian Ilmiah

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Keep Your Mind Lead Your Heart ! and. Latar Belakang? Rasio Kemajuan Kerancuan.
Advertisements

BAGAIMANA SORANG PENGAJAR (Galileo Galilei) Anda tidak dapat mengajari orang apapun juga; anda hanya dapat membantu dirinya untuk menemukannya sendiri.
ANTARA PSIKOLOGI BARAT
ILMU PENDIDIKAN SEBAGAI ILMU PENGETAHUAN
Sifat-sifat Terpuji By : Uswatun Hasanah.
BAB. III MENUNTUT ILMU Pengertian Ilmu: Kata ilmu berasal dari bahasa Arab ‘ILM yang berarti: pengetahuan/kepandaian tentang sesuatu. Lawan kata JAHL.
Oleh: Ahmad Khoeruddin Muhammad Rosyid R. Muhamad Ramdan Rijal Tamami
IBNU ARABI (560 .H/1164 M – 638 H/1240 M) Muhammad Ibn ‘Ali Ibn Muhammad Ibn al-‘Arabi al-Tha’i al-Hatimi.
Ar-Risalah Pengertian Risalah Rasul dan Nabi Auliya dan Ulama.
Ukhti Diwi Abbas.
a. Kedudukan Akal dan Wahyu dalam Islam
Selamat Datang ke Sesi 1 Modul Metodologi Kajian Ilmiah
PARADIGMA ILMU PENGETAHUAN
KONSEP KETUHANAN DALAM ISLAM
PENILAIAN TUTORIAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Hubungan Ilmu, Penelitian
PENELITIAN ILMIAH DAN NON ILMIAH
Oleh : dr. Nur Indarawati Lipoeto
K E P I M P I N A N Pemimpin ialah orang yang pimpin - pandu - bimbing
BAB 7 KONSEP KEKELUARGAAN DAN KEMASYARAKATAN
Perkuliahan Tatap Muka Ke-4 Ilmu Tasawuf 8 November 2008
SUDAHKAH ANDA SIAP??? BERKONSENTRASILAH!!!!!.
PETA KONSEP : TUHAN YANG MAHA ESA DAN KETUHANAN
SUDAHKAH ANDA SIAP??? BERKONSENTRASILAH!!!!!.
Pertemuan III Filsafat Ilmu Dan Logika
DASAR-DASAR FILOSOFIS PENDIDIKAN ISLAM: HAKIKAT KEBENARAN DAN PENGETAHUAN NILAI KEBAIKAN DAN KEINDAHAN Oleh: IDRUS : SYAPUANSYAH.
MODUL IHES 1 Kemenjadian Dalam Pendidikan
PELAJARAN : 8 CARA PENYELESAIAN MASALAH
AKHLAK MULIA DALAM KEHIDUPAN
KONSEP KETUHANAN DALAM ISLAM
KONSEP DASAR PENYUSUNAN KARYA ILMIAH
STRATEGI2 PENINGKATAN KUALITI DLM PERKHIDMATAN AWAM
Model Pembangunan Potensi Manusia
MODUL IHES 1 Natijah Kemenjadian IHES
MODUL IHES 1 Kemenjadian Dalam Pendidikan
INSTITUT PENGAJIAN TINGGI AL-ZUHRI
TASAWWUR ISLAM II WEEK 5 PENYELESAIAN MASALAH MENURUT ISLAM
Tazkiyah Nafs (Penyucian Jiwa)
AQIDAH UNIT 2 Kelas Bimbingan Dewasa.
BAB 16 SALAH FAHAM TERHADAP ISLAM
Oleh : Muhamad Zulfikah Bin Mat Jali A144875
Disediakan oleh: Abdul Latif bin Ahmad IPG Kampus Tun Hussein Onn
3. Reka Bentuk Kurikulum Konsep Reka Bentuk Kurikulum
ILMU PENDIDIKAN SEBAGAI ILMU PENGETAHUAN
PRA DIPLOMA PENGAJIAN ISLAM
MAKRIFAT KEPADA ALLAH.
Tazkiyah Nafs (Penyucian Jiwa)
BAB 1: AKHLAK MUSLIM TERHADAP AGAMA ISLAM
STRATEGI2 PENINGKATAN KUALITI DLM PERKHIDMATAN AWAM
SUKATAN PELAJARAN STPM BAHARU 931 USULUDDIN
Sejarah & Tamadun Islam II
BAB 5 KONSEP KEKELUARGAAN DAN KEMASYARAKATAN
INSPIRASI ILHAMI KREATIVITI
Fleksibiliti Dakwah Apakah maksud kreatif?
KONSEP ILMU PENGETAHUAN
MODUL IHES 1 Natijah Kemenjadian IHES
Bahagian Pendidikan Islam Jabatan Agama Islam Selangor
> Menilai persoalan tentang ilmu dari perspektif barat dan Islam
Ukhti Diwi Abbas.
BAB 1 : UMAT ISLAM DAN DUNIA ISLAM
AQIDAH UNIT 1 Kelas Bimbingan Dewasa.
BAB 1 : AQIDAH – DEFINASI, KEPENTINGAN DAN SUMBER RUJUKAN
STRATEGI2 PENINGKATAN KUALITI DLM PERKHIDMATAN AWAM
KBM 3 AKHLAK ISLAMIAH BAB 1 : MENSUCIKAN JIWA
ALIRAN MODEN Oleh: Dr Mohd Daud Awang
MINGGU 2 OTAK KIRI DAN KANAN & FALSAFAH BERFIKIR
PEMIKIRAN KRITIS: KONSEP DAN FUNGSI
Aspek Bahasa dan Fungsi Bahasa
KBM 3 AKHLAK ISLAMIAH BAB 2: HATI YANG SIHAT
INSPIRASI ILHAMI KREATIVITI
Transcript presentasi:

Modul Metodologi Kajian Ilmiah

Sinopsis Metodologi Kajian Ilmiah Modul penting ini ialah satu panduan sistematik yang amat diperlukan para pelajar pengajian tinggi bagi menyediakan tugasan atau kajian ilmiah mereka. Bahkan lebih dari itu, ia bertujuan agar pelajar memahami prinsip serta matlamat kajian tersebut. Mutu sesebuah kajian yang disediakan bergantung kepada sejauh mana syarat-syarat dan metodologi kajian ilmiah dipatuhi penulis.

Sinopsis Metodologi Kajian Ilmiah Dalam modul ini, pelajar akan diperkenalkan dengan maksud kajian ilmiah, jenis-jenis metodologi, sumber-sumber ilmu menurut Islam dan menurut Barat, sifat pengkaji, lapangan kajian, teknik membaca, perancangan karangan kajian, bahan-bahan bibliografi, perpustakaan, kad catatan, teknik menulis, notakaki, gaya bahasa, tanda tulis dan lain-lain.

Matlamat Khusus Modul Pada akhir modul ini, pelajar dapat : Memahami tujuan penulisan yang merupakan suatu karya bernilai tinggi. Ia mestilah dilakukan dengan tatacara ilmiah dan penuh amanah. Segala penyelewengan fakta atau pengumpulan dan penyusunan bahan ilmiah yang mengelirukan, adalah merupakan pencerobohan terhadap amanah ilmiah tersebut. Memahami tatacara dan metodologi kajian ilmiah dilaksanakan secara terperinci. Dengan ini, kajian yang dijalankan akan membuahkan hasil dan bermutu.

Matlamat Khusus Modul 3. Mengasah dan mempertingkat kemahiran yang sedia ada dalam dirinya untuk menjadi seorang penulis yang memiliki sifat-sifat pengkaji berwibawa. 4. Mengetahui teknik membuat kajian ilmiah dalam bahasa Melayu dan Arab. 5. Mendekatkan diri dengan perpustakaan setelah mengetahui cara penggunaannya, untuk mendapatkan bahan-bahan rujukan, khususnya dalam bahasa Arab.

Matlamat Khusus Modul 6. Mengetahui kepentingan modul ini di mana teknik membaca, mengkaji, mengarang dan menyusun buah fikiran dengan baik dan lebih matang tanpa emosi, dibentangkan dan diasuh.

Matlamat Khusus Modul 7. Memupuk adab tinggi dalam diri pelajar bahawa setinggi mana pun nilai karyanya, dia sebenarnya bergantung kepada kajian, penat lelah dan perjuangan para ulama, pengkaji dan pengarang sebelumnya. Tiada sebab untuk dia mendabik dada menyombong diri dan berbangga atas usaha kerdilnya kerana pada akhirnya dia akan mengiktiraf bahkan sebenarnya mensabitkan kejahilan dirinya sendiri.

Matlamat Bahagian I Mengenal pengertian metodologi kajian ilmiah & faedahnya. Memahami pelbagai prinsip & maksud drpd kajian ilmiah. Mengenal dan memahami sumber-sumber ilmu menurut Islam dan membandingkannya dengan sumber-sumber ilmu menurut Barat Mengenal sifat-sifat pengkaji

Definisi Metodologi Berasal dari bahasa Inggeris. Bererti: Ilmu mengenai cara atau mengatur. Ianya suatu cabang ilmu logika (Mantiq) yg membahaskan prinsip kaedah ilmu dari segi nazari (teori) atau amali (praktikal).

Definisi Metodologi Pengertian lain: Proses-proses kajian & kaedah-kaedahnya dalam cara menghimpun kenyataan dan menganalisanya. Pengertian kedua ini lebih sesuai dgn apa yg kita maksudkan, kerana ia membawa makna apakah prosedur yg kita lalui/ikuti dalam menghadapi & menyelesaikan masalah.

Definisi Kajian Ilmiah Suatu usaha, daya fikiran yg bersifat keilmuan, bukan emosi, teratur kenyataannya dan logik tafsirannya sehingga membuahkan hasil yg baik dan jitu.

Kenapa Kita Membuat Kajian Ilmiah? Mendapat maklumat menerusi usaha-usaha gigih dan sungguh. Usaha ini pula ditujukan pada sesuatu yg kita sangat- sangat ingin mengetahuinya. Mencabar minda, daya usaha, kesabaran dan lain-lain. Mendidik diri kepada budaya membiasakan berfikir, menyoal utk memecah permasalahan tertentu. Mengkayakan khazanah ilmu sesuatu tamadun.

Imam Ibn Hazm Az-Zahiri Tujuan menulis karya ilmiah/buku : Melengkapkan sesuatu yang belum lengkap Memperbaiki yang salah Menjelaskan yang terlalu rumit dan sukar Meringkaskan yang terlalu panjang Menggabung informasi dari berbagai sumber Menyatukan dan menyusun informasi menjadi sesuatu yang bernilai

Prinsip Utama Kajian Ilmiah T A N Y A ! & N I L A I !

Sumber-Sumber Ilmu Menurut Islam Kabar Terpercaya (الخبر الصادق) Indera Lahir dan Batin Aql (nalar dan intelek) Intuisi

Pendapat orang-orang terpercaya Otoritas adalah suatu berita yang benar (al-khabar ash-shadiq) yang bisa meliputi dua macam, yaitu: pertama, berita yang datang secara berantai dan bersambung dari sejumlah orang kepada kita, di mana tidak mungkin mereka bersepakat dalam kebohongan secara bersama-sama.

Pendapat orang-orang terpercaya Kabar terpercaya ini terbagi dalam dua bagian: Beritanya benar, tapi masih dapat dipersoalkan (nisbi), otoritasnya yaitu berupa kesepakatan para ‘ulama Beritanya benar mutlak, yaitu al-Qur’an dan as-Sunnah

Pendapat orang-orang terpercaya Islam sangat menekankan kualitas dan akhlaq guru untuk murid dalam menuntut ilmu: Luqman al-Hakim: “Wahai anakku, bergaullah dengan orang-orang alim dan duduklah dengan hormat bersama mereka karena Allah SWT menghidupkan jiwa dengan cahaya hikmah-Nya, seperti Dia menghidupkan tanah gersang dengan hujan dari langit” Ibn Sirin (110 H): ان هذا العلم دين فانظروا عمن تأخذون دينكم

Indera Yang Sehat Indera terdiri dari dua bagian, yaitu indera lahiriah dan indera batin. Indera lahir adalah: penciuman (hidung), rasa (lidah), penglihatan (mata), pendengaran (telinga), sentuhan (tangan dsb) Indera batin adalah: indera umum (common sense, hish al-mustarak), representasi (al-khayyaliyah), estimasi (al-wahmiyyah), ingatan-pengingatan (al-hafid, adz-dzakir), dan imajinasi (al-mutakhayyaliyah)

Akal (‘Aql) Kata ‘aql sendiri berarti “pengikatan” atau “penahanan”. Ia adalah suatu entitas yang aktif dan sadar, yang menahan dan mengikat obyek ilmu dengan kata-kata dan bentuk-bentuk perlambang lain. ‘Aql (akal) mengacu pada realitas yang sama dengan qalb (hati), ruh (ruh) dan nafs (jiwa). Perbedaan keempatnya adalah pada peran dan fungsi namun mengacu pada entitas yang sama.

Akal (‘Aql) Akal yang sehat (aql salim) bukanlah sebatas inderawi yang bekerja secara logis, sistematis dalam menafsirkan fakta dan data dari pengalaman inderawi menjadi sesuatu yang gambaran akliah (ma’qulat) yang difahami (akal seperti ini disebut reason atau nalar dalam pandangan Barat). Akal ini menjadikan alam bisa difahami cara kerjanya.

Akal (‘Aql) Dalam Islam akal lebih dari sekadar reason/nalar. Akal dalam fungsinya lebih dalam adalah suatu organ ruhaniah yang melekat dalam hati atau qalb yang merupakan tempat terjadinya intuisi, yang dalam pandangan Barat di sebut intellectus. Akal inilah yang bekerja ketika melihat fenomena alam kemudian kita mengenal Allah dalam suatu cara tertentu.

Intuisi Islam tidak membatasi intuisi hanya dalam aspek inderawi yaitu suatu pengenalan dan pemahaman langsung tanpa proses karena proses perenungan dan pengalaman inderawi yang panjang dan berulang. Dalam Islam intuisi adalah juga pemahaman langsung atas kebenaran-kebenaran agama, realitas akan eksistensi Allah. Intuisi tidak datang kepada sembarang orang, tetapi kepada orang yang beribadah dan mengabdi kepada Allah secara ikhlas dan memahami keesaan-Nya.

Sumber-Sumber Ilmu Menurut Barat Aql (nalar dan intelek) Indera Lahir dan Batin Aql (nalar dan intelek) Intuisi

Barat tidak mengakui otoritas berupa wahyu atau “manusia” yang diberikan otoritas oleh Tuhan sebagai sumber ilmu, sebab mereka tidak mengenal iman Mereka mengakui indera dan rasio serta intuisi dalam aspek inderawi melalui perdebatan dan pergulatan pemikiran. Menurut sebagian pandangan, kebenaran hanya dicapai melalui rasio (Plato) dan sebagian lainnya berpandangan kebenaran hanya dicapai melalui empirik (Aristoteles).

Sifat-Sifat Pengkaji Kemampuan melaksanakan kajian. Luas pembacaan. Memahami apa yang dibaca. Menilai pendapat orang. Sabar dan tekun. Pemikiran mendalam dan mampu mengkritik.

Sifat-Sifat Pengkaji Kemampuan dari segi bahasa Amanah Tawadhu’ Jauh dari emosi Banyak meminta bantuan dan pedoman daripada Allah S.W.T. Solat istikharah

Sifat-Sifat Pengkaji Terbuka menerima kebenaran dan teguran. Menerima pembaharuan dan peningkatan. Mempunyai niat ikhlas untuk berkongsi ilmu, berkhidmat kepada ilmu dan dakwah Islamiah.

Takeaways? 1) 2) 3) 4) 5)