Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BAB 3 ANALISA SISTEM FISIS  TUJUAN PEMBELAJARAN  1. Mahasiswa menegetahui pengukuran dinamik  2. Mahasiswa menegtahui pengukuran statis  3. Mahasiswa.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BAB 3 ANALISA SISTEM FISIS  TUJUAN PEMBELAJARAN  1. Mahasiswa menegetahui pengukuran dinamik  2. Mahasiswa menegtahui pengukuran statis  3. Mahasiswa."— Transcript presentasi:

1 BAB 3 ANALISA SISTEM FISIS  TUJUAN PEMBELAJARAN  1. Mahasiswa menegetahui pengukuran dinamik  2. Mahasiswa menegtahui pengukuran statis  3. Mahasiswa dapat memahami sistem fisis alat ukur orde satu  4. Mahasiswa dapat memahami sistem fisis alat ukur orde dua  5. Mahsiswa memahami fungsi pindah  6. Mahasiswa mengetahui jawaban sistem orde satu dengan masukan fungsi undak

2  Pengukuran dinamik adalah pengukuran yang keluaraannya bergantung dari fungsi waktu. Sedangkan pengukuran yang tak bergantung dari fungsi waktu disebut pengukuran statis.  Watak dari alat-alat ukur dalam bentuk matematik pada umumnya dekat sekali dengan salah satu dari dua bentuk persamaan deferensial. Yaitu persamaan deferensial linear orde satu atau persamaan defernsial linear orde dua.  Penyelesaian dari persamaan diferensial merupakan penjumlahan dari penyelesaian, yaitu: a. penyelesaian komplementer Xot b. Penyelesaian partikelir Xoss  Sehingga penyelesaian dari persamaan itu dapat ditulis sebagai Xo (t) = Xot (t) + Xoss (t) dan untuk t   diperoleh Xo (t) = Xoss (t)  Fungsi pindah dalam bentuk operator derivative adalah :  Yaitu perbandingan output dan input.

3  Penyelesaian dari persamaan diferensial ini akan merupakan penjumlahan dari penyelesaian, yaitu:  a. penyelesaian komplementer Xot  b. Penyelesaian partikelir Xoss  Sehingga penyelesaian dari persamaan (2-1) dapat ditulis sebagai  Xo (t) = Xot (t) + Xoss (t)  dan untuk t   diperoleh Xo (t) = Xoss (t)

4 Contoh sistem orde 1  Analisa sederhana untuk termometer air raksa ini, dapat dikerjakan sebagai berikut: misal  C = kapasitans panas dari termometer  R = tahanan panas dari dinding gelas  To = temperatur setiap saat yang ditunjukan oleh termometer  Ti = Termometer benda yang diukur  maka panas yang diserap oleh air raksa adalah dQ = C dTo Arus panas dari benda ke air raksa adalah maka akhirnya akan didapatkan persamaan Penunjukan termometer sebelum digunakan untuk melakukan pengukuran, digunakan sebagai syarat awal didalam mencari hubungan To sebagai fungsi waktu. oleh karena

5 Tanggapan (Respon) Dari Sistem Orde Satu Terhadap Fungsi Undak  Jawaban yang diukur bila masukan berbentuk fungsi undak, ini berarti bahwa : Xi = 0 untuk t < 0, Xi = A untuk t  0  (pada pengukuran temperatur untuk t < 0, Xi = penunjukan termometer sebelum dilakukan pengukuran).  Penyelesaian dari persamaan sistem orde satu


Download ppt "BAB 3 ANALISA SISTEM FISIS  TUJUAN PEMBELAJARAN  1. Mahasiswa menegetahui pengukuran dinamik  2. Mahasiswa menegtahui pengukuran statis  3. Mahasiswa."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google