Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

VII. RAK FAKTORIAL Percobaan RAK pola faktorial adalah penelitian dengan rancangan dasar RAK dan faktor perlakuan labih dari atau sama dengan 2. Contoh.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "VII. RAK FAKTORIAL Percobaan RAK pola faktorial adalah penelitian dengan rancangan dasar RAK dan faktor perlakuan labih dari atau sama dengan 2. Contoh."— Transcript presentasi:

1 VII. RAK FAKTORIAL Percobaan RAK pola faktorial adalah penelitian dengan rancangan dasar RAK dan faktor perlakuan labih dari atau sama dengan 2. Contoh aplikasi : Seorang peneliti ingin meneliti pengaruh faktor perlakuan lama penggorengan dan kadar air bahan (kacang tanah yang sdh dibumbui) terhadap kadar protein terlarut kacang bawang rendah lemak yang dihasilkan. Dalam penelitian tersebut digunakan dua jenis varietas kacang sebagai kelompok.

2 Dalam percobaan tersebut : -Rancangan dasar : RAK dengan 2 kelompok -Pola Faktorial dengan dua faktor : -Lama penggorengan dengan 3 taraf : 2.4. dan 6 menit -Kadar air bahan dengan 3 taraf : 10%, 12,5%, dan 15 % -Jumlah ulangan : 3 Sehingga terdapat 2 X 3 X 3 x 3 = 54 kombinasi satuan perlakuan Tabulasi data :

3 Data hasil penelitian : Kadar airulanganLama penggorengan dengan mikrowave (Menit) 246 Bacth IBacth IIBacth IBacth IIBacth IBacth II Subtotal Subtotal Subtotal Total

4 Perhitungan Anava : Jumlah kuadrat galat (JKG) = JKT – JKK - JKP

5 Derajat bebas : Derajat bebas total = r s ab – 1 = total banyaknya pengamatan -1 Derajat bebas kelompok = r – 1 = banyaknya kelompok – 1 Derajat bebas perlakuan = ab – 1 = banyaknya perlakuan – 1 Derajat bebas galat = (rs - 1) (a b)

6 c. Perhitungan JK untuk pengaruh utama (faktor lama penggorengan dan Kadar air) dan interaksi d. Derajat bebas pengaruh utama dan interaksi db faktor lama penggorengan (A) = a – 1 = 3 – 1 = 2 db faktor kadar air (B) = b – 1 = 3 – 1 = 2 db interaksi (AB) = (a-1)(b-1)= (3-1)(3-1)=4

7

8 f. Susunlah dalam tabel anava : F tabel : db faktor sebagai f1 dan db galat sebagai f2 Sumber Keragaman dbJumlah Kuadrat (JK) Kuadrat Tengah (KT) F hitung F tab 5% F tab 1% Kelompokr-1 Perlakuanab-1 Faktor Aa-1 Faktor Bb-1 Interaksi AB(a-1)(b-1) Galat percobaanab(rs-1) Totalsrab-1


Download ppt "VII. RAK FAKTORIAL Percobaan RAK pola faktorial adalah penelitian dengan rancangan dasar RAK dan faktor perlakuan labih dari atau sama dengan 2. Contoh."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google