Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENINGKATAN PROSES SIG SIGMA DI BAGIAN PRODUKSI OTOMOTIF Presented By: Eha Julaeha 3333071233.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENINGKATAN PROSES SIG SIGMA DI BAGIAN PRODUKSI OTOMOTIF Presented By: Eha Julaeha 3333071233."— Transcript presentasi:

1 PENINGKATAN PROSES SIG SIGMA DI BAGIAN PRODUKSI OTOMOTIF Presented By: Eha Julaeha

2 Six Sigma process improvements in automotive parts production M. Soković a,*, D. Pavletić b, E. Krulčić c a Faculty of Mechanical Engineering, University of Ljubljana, Askerceva 6, SI-1000 Ljubljana, Slovenia b Faculty of Engineering, University of Rijeka, Vukovarska 58, Rijeka, Croatia c CIMOS Company, PPC Buzet, Most 24, Buzet, Croatia * Corresponding author: address:

3 ABSTRAK Tujuan: Mengidentifikasi dan menurunkan biaya produksi di proses deburring untuk gravitasi die-casting dan peningkatan kualitas di bagian produksi. Pendekatan: Define, Measure, Analyze, Improve, and Control (DMAIC). implikasi riset: mengaplikasikan alat-alat 6 sigma dalam proses pemetaan.

4 Pendahuluan Sig sigma adalah pendekatan untuk jaminan kualitas dan kualitas manajemen dengan penekanan pada perbaikan kualitas berkelanjutan. Tujuan dari pendekatan ini adalah mencapai tingkat kualitas dan keandalan yang akan memuaskan dan bahkan melebihi tuntutan dan harapan pelanggan sekarang ini.

5 METODE SIG SIGMA Dengan identifikasi dan pengurangan biaya produksi dalam proses deburring untuk gravitasi die-casting perumahan kompresor turbo, dilakukan untuk bagian produksi perusahaan otomotif. Pendekatan sig sigma dengan menggunakan metode DMAIC (Define, Measurement, Analyse, Improvement, Control)

6 Metode DMAIC Untuk Proyek Six Sigma

7 Define Tujuan utama adalah mengidentifikasikan dan menurunkan biaya pada departemen deburring di setiap pengecoran alumunium dan pengurangan scrap sebesar 30%. Sasaran utama dalam tahap define ini adalah mengidentifikasi bagian proses yang mengeluarkan biaya paling tinggi, mengidentifikasi pengaruh terbesar pada biaya produksi.

8 Measurement Tahap untuk menentukan faktor yang menyebabkan biaya yang paling tinggi. Dari pareto terlihat bahwa yang biaya paling tinggi dikeluarkan adalah biaya tenaga kerja sebesar 42,6%.

9 PARETO CHART

10

11 Analyse 1.Membuat FMEA untuk proses deburring. 2.Analisis sitem pengukuran untuk pengendalian dimensi yang paling penting dari compressor housing (4.7 min) dengan 2 operator dan 2 percobaan per operator. 3.Hasil menunjukkan operator 1 memerlukan latihan, sementara operator 2 hasilnya baik. sebagai tambahan.

12 IMPROVEMENT Dengan metode brainstorming, didapatkan hasil bahwa diperlukannya modifikasi untuk mereduksi kekuatan pemotongan dan menghindari scrap. Modifikasi ini diterapkan dan diperoleh hasil yang signifikan dari scrap dan alat yang digunakan untuk reduksi. Meskipun peningkatan yang signifikan telah tercapai, penggambaran tujuan belum menemukan titik temu.

13 Control Hasil dari analisa menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan. Tapi fakta yang paling penting adalah ketelitian radial yang menggambarkan diameter yang tidak memuaskan. Hasil dari analisa dan keputusan akhir adalah dengan mengaplikasikan sistem clamping eksternal pada bagian permesinan.

14 KESIMPULAN Beberapa hasil aplikasi six sigma DMAIC pada alat- alat dan metode dalam hasil produksi bagian otomotif: 1.Mengurangi biaya alat-alat sebesar 40% 2.Mengurangi biaya dari kecacatan (CORQ) sebesar 55% 3.Mengurangi biaya tenaga kerja sebesar 59%. Pada umumnya peningkatan dengan reduksi waktu produksi, kontrol waktu, material dan scrap internal memberikan keuntungan tahunan sebesar $ Perkiraan keuntungan tahunan dari aplikasi sistem clamping eksternal adalah $


Download ppt "PENINGKATAN PROSES SIG SIGMA DI BAGIAN PRODUKSI OTOMOTIF Presented By: Eha Julaeha 3333071233."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google