Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Distribusi Variabel Acak Kontiyu Oleh Edi Satriyanto.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Distribusi Variabel Acak Kontiyu Oleh Edi Satriyanto."— Transcript presentasi:

1 Distribusi Variabel Acak Kontiyu Oleh Edi Satriyanto

2 1. Distribusi Uniform Variabel random X berdistribusi ubiform, diasumsikan memiliki probabilitas yang sama untuk terjadinya dimana saja dalam suatu sub interval sepanjang d yang ada dlm interval a sampai b.

3 Contoh Waktu seseorang menunggu datangnya pesawat disebuah bandara anatara jam 08.00-10.00 berdistribusi uniform. A. Berapa probabilitas seseorang harus menunggu kurang sama dengan 30 menit dari jam 08.00? B. lebih dari 30 Menit,

4 Jawab Interval 08.00-10.00 adalah 120 menit. a=0 dan b=120 (A). (B).P(x>30)=1-P(x<=30)=0.75

5 2. Distribusi Eksponensial Sering digunakan untuk memodelkan waktu tunggu sampai sebuah peristiwa terjadi, dan juga untuk memodelkan waktu antar terjadi peristiwa. Variabel random X berdistribusi Eksponensial dengan parameter β, memiliki fungsi :

6 Contoh Suatu sistem mengandung sejenis komponen yang daya tahanya dlm tahun dinyatakan oleh variabel acak X yang berdistribusi eksponensial dgn rata-rata waktu sampai komponen rusak adalah 5 tahun. Bila sebanyak 5 komponen tersebut dipasang dalam sistem yang berlainan, berapakah probabilitas paling sedikit 2 komponen masih akan berfungsi pada akhir tahun kedelapan?

7 Jawab Probabilitas bahwa sebuah komponen masih akan berfungsi setelah 8 tahun: Misalkan Y menyatakan byknya komponen yg masih berfungsi setelah 8 thaun, dgn menggunakan distribusi binomial diperoleh:

8 3. Distribusi Normal Variabel random X berdistribusi normal, dengan parameter µ dan σ memiliki fungsi distribusi probabilitas (pdf):

9


Download ppt "Distribusi Variabel Acak Kontiyu Oleh Edi Satriyanto."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google