Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

GRUP PERIODIK & APERIODIK. TUJUAN Mahasiswa akan dapat membuktikan bahwa suatu sistem adalah grup, grup periodik, grup siklis dan subgrup.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "GRUP PERIODIK & APERIODIK. TUJUAN Mahasiswa akan dapat membuktikan bahwa suatu sistem adalah grup, grup periodik, grup siklis dan subgrup."— Transcript presentasi:

1 GRUP PERIODIK & APERIODIK

2 TUJUAN Mahasiswa akan dapat membuktikan bahwa suatu sistem adalah grup, grup periodik, grup siklis dan subgrup

3 Cakupan –Grup Periodik –Grup Aperiodik –Grup Campuran

4 GRUP PERIODIK Suatu grup G dikatakan periodik, jika tingkat setiap unsurnya hingga. Contoh

5 GRUP APERIODIK Suatu grup G dikatakan aperiodik, jika setiap unsurnya (kecuali unsur kesatuan) bertingkat tak hingga. Contoh

6 GRUP CAMPURAN Suatu grup G dikatakan grup campuran, jika sedikitnya mempunyai satu unsur dengan tingkat tak hingga dan satu unsur  e yang bertingkat hingga. Contoh

7 AKIBAT a)Setiap grup hingga adalah periodik. b)Jika suatu grup aperiodik atau campuran, maka grup tersebut tak hingga.

8 Catatan 1.Grup tak hingga tidak mesti aperiodik, dapat aperiodik, atau campuran, ataupun periodik. 2.Aperiodik tidak berarti tidak periodik. Tidak periodik dapat berarti aperiodik, atau campuran. Tidak aperiodik tidak berarti periodik; dapat periodik, dapat pula campuran.

9 Sifat-sifat 1.Order tiap elemen dalam grup berhingga adalah berhingga juga. 2.Order suatu elemen dalam grup adalah sama dengan order inversnya. 3.Order a k (k=bulat) tidak dapat melebihi order a. 4.Jika elemen a dari grup berorder n, maka a m = e jika dan hanya jika n adalah pembagi dari m. 5.Jika a elemen berorder n, dan p prima terhadap n, maka ap berorder n.

10 Penutup –Grup Periodik, jika tingkat setiap unsurnya hingga. –Grup Aperiodik, jika setiap unsurnya (kecuali unsur kesatuan) bertingkat tak hingga. –Grup Campuran, jika sedikitnya mempunyai satu unsur dengan tingkat tak hingga dan satu unsur  e yang bertingkat hingga.


Download ppt "GRUP PERIODIK & APERIODIK. TUJUAN Mahasiswa akan dapat membuktikan bahwa suatu sistem adalah grup, grup periodik, grup siklis dan subgrup."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google