Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PAPAN PERBANDINGAN ANTENA RANGKAP TIGA Disusun oleh : MMurti CahyaniA 410080332  Widya Estri K SA 410080342 TTipuk MartyastutiA 410080348 HHaryantiA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PAPAN PERBANDINGAN ANTENA RANGKAP TIGA Disusun oleh : MMurti CahyaniA 410080332  Widya Estri K SA 410080342 TTipuk MartyastutiA 410080348 HHaryantiA."— Transcript presentasi:

1

2 PAPAN PERBANDINGAN ANTENA RANGKAP TIGA

3 Disusun oleh : MMurti CahyaniA  Widya Estri K SA TTipuk MartyastutiA HHaryantiA MMuzaed Nur YusrinA

4 Latar Belakang Masalah Alat peraga matematika merupakan suatu alat yang mempunyai peranan penting untuk memahami konsep matematika, bahkan dapat menentukan keberhasilan proses belajar. Sehingga alat peraga ini bisa dikatakan sebagai media transfer dari pendidikan kepada siswa, yaitu dengan cara melihat dan memahami secara langsung. Dengan begitu pembelajaran akan lebih berkesan kepada siswa, sehingga akan lebih bersemangat mempelajari matematika (Nana Sudjana, 2002: 99). Kesebangunan Bangun Datar merupakan bagian dari meteri matematika SMP kelas IX semester 1 yang dinilai relatif sulit bagi siswa terutama pada sub pokok bahasan segitiga-segitiga yang kongruen. Siswa masih kesulitan untuk mentukan kekongruenan segitiga. Hal ini dapat dilihat dari hasil UAN yang masih rendah terutama pada pokok bahasan tersebut. Salah satu cara untuk untuk mengetahui kekongruenan segitiga tersebut yaitu dengan menggunakan alat peraga. Dengan menggunakan alat peraga “PAPAN PERBANDINGAN ANTENA RANGKAP TIGA” diharapkan pembelajaran matematika pada pokok bahasan tersebut dapat dikuasai dengan mudah, menyenagkan dan kreatif.

5 Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang yang telah dikemukakan, maka permasalahan yang berkaitan dengan pembuatan alat peraga ini adalah : 1. Apakah alat peraga diperlukan dalam pembelajaran matematika di sekolah? 2. Bagaimana cara menggunakan Papan Perbandingan Segitiga Kongruen Menggunakan Antena Rangkap Tiga untuk mengetahui sifat segitiga kongruen?

6 Tujuan Pembuatan Alat Peraga Berdasarkan latar belakang di atas, maka tujuan yang dicapai pada pembuatan alat peraga ini adalah : Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika. Membuat pelajaran matematika menjadi menyenangkan. Membantu siswa mempelajari kekongruenan segitiga dengan mudah.

7 Manfaat Pembuatan Alat Peraga Sebagai media dalam menanamkan konsep matematika sehingga dapat memperbaiki mutu pembelajaran matematika. Menambah variasi dalam proses belajar matematika. Melengkapi media pembelajaran matematika yang dimiliki Laboratorium Jurusan Matematika FKIP UMS. Menarik perhatian siswa dalam proses pembelajaran matematika. Merangsang siswa agar matematika menyenangkan baginya. Mendorong siswa untuk lebih aktif, kreatif dan menyenangkan serta bersemangat dalam belajar.

8 KAJIAN TEORI Garis-garis sejajar dengan sisi segitiga Pada gambar di atas ABC dan CED sebangun, karena sudut- sudut yang bersesuaian sama besar, yaitu: < CDE = < BAC (sehadap) < CED = < ABC (sehadap) < DCE = < ABC (berhimpit) AB C DE a b c d e f

9 Jika panjang CD = a, AD = b, BE = d, DE = e, dan AB = f, maka berlaku perbandingan- perbandingan sebagai berikut : a. b.

10 Rumus dalam segitiga siku-siku dengan garis tinggi ke sisi miring Pada gambar segitiga ABC siku-siku di A dan AB tegak lurus dengan BC, dan AD merupakan garis tinggi pada sisi miring BC. Rumus-rumus yang berlaku unutk gambar di atas adalah : 1.AB 2 = BC x BD 2.AC 2 = BC x CD 3.AD 2 = BD x CD A B C D

11 Alat dan Bahan Alat : 1.Gergaji kayu 2.Pukul besi 3.Bor listrik 4.penggaris Bahan : 1.White board 2.Antena radio 3.Mur dan baut 4.Paku kecil 5.Spdol permanen 6.Spidol boardmarker 7.Papan kayu 8.Penggaris kayu 9.List alumunium

12 Estimasi dana : 1.White BoardRp ,00 2.Antena RadioRp ,00 3.Paku KecilRp ,00 4.Penggaris kayuRp ,00 5.Mur BautRp ,00 6.Spidol PermanenRp ,00 7.Spidol boardmarkerRp ,00 8.List alumuniumRp ,00 9.Papan kayuRp ,00 + Rp ,00

13 Pembuatan Alat Peraga

14 1.Siapkan white board yang berukuran 100 x 100 cm 2.Pada papan tersebut buat garis-garis strimin untuk membantu proses penggambaran, serta diberi ukuran tiap panjang satuan 3.Siapkan penggaris kayu yang telah dilengkapi ukuran satuan panjang, kemudian ujung pangkal ditali dengan antena. Usahakan panjang antena sama dengan panjang penggaris kayu. Ujung pangkal penggaris kayu diberi lubang, sekaligus kedua penggaris tersebut digabung jadi satu membentuk sudut siku siku 4.Kemudian setelah digabung diberi skrup, lalu ditempel pada papan yang sudah disediakan, diukur jarak ke horisontal, vertikal maupun diagonalnya 5.Atur sedemikian rupa sehingga antena bisa digerakkan dengan bebas dengan catatan siku-siku segitiga tidak boleh geser 6.Beri tiap-tiap sudut variabel agar mempermudah dalm pembuktian segitiga yang kongruen. 7.Atur sedemikian serupa sehingga alat peraga kelihatan rapi, bagus, dan menarik. 8.Setelah selesai membuat, alat peraga siap digunakan sebagai media pembelajaran

15 Gambar Alat Peraga Gambar alat peraga

16 Cara Penggunaan

17 1.Setelah selesai memasang alat, buat segitiga sesuai keinginan dengan catatan panjang sisi miring segitiga menggunakan antena. 2.Ukur dan amati segitiga tersebut yang telah dibuat. 3.Buat garis tengah pada segitiga dengan memanjangkan antena. 4.Amati kedua segitiga, dan 5.Bandingkan segitiga tersebut, kemudian amatilah apakah segitiga tersebut kongruen dan sebanding atau tidak. 6.Alat peraga siap membuktikan rumus-rumus dalam segitiga tersebut.

18 CARA PENGGUNAAN CB D A

19 SEKIAN DAN TERIMA KASIH


Download ppt "PAPAN PERBANDINGAN ANTENA RANGKAP TIGA Disusun oleh : MMurti CahyaniA 410080332  Widya Estri K SA 410080342 TTipuk MartyastutiA 410080348 HHaryantiA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google