Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

EKSPEKTASI DARI VARIABEL RANDOM. Misalkan X suatu variabel random yang mempunyai pdf f(x) sedemikian hingga : konvergen absolut (kasus diskrit) atau konvergen.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "EKSPEKTASI DARI VARIABEL RANDOM. Misalkan X suatu variabel random yang mempunyai pdf f(x) sedemikian hingga : konvergen absolut (kasus diskrit) atau konvergen."— Transcript presentasi:

1 EKSPEKTASI DARI VARIABEL RANDOM

2 Misalkan X suatu variabel random yang mempunyai pdf f(x) sedemikian hingga : konvergen absolut (kasus diskrit) atau konvergen absolut (kasus kontinu) Maka ekspektasi dari varaiabel random X didefinisikan sbb : untuk kasus diskrit Atau untuk kasus kontinu E(X) : ekspektasi matematik dari X atau nilai ekspekstasi dari X

3 Ilustrasi : Misalkan terdapat 4 kepingan yang terdiri dari 3 keping bernomor 1 dan 1 keping bernomor 2. 4 kepingan tersebut dimasukkan ke dalam mangkok, kemudian diaduk. Dengan mata tertutup, seseorang disuruh mengambil 1 kepingan dari dalam mangkok tsb. Apabila terambil kepingan bernomor 1 akan diberi imbalan $1 dan apabila terambil kepingan bernomor 2 akan diberi imbalan $2. Berapakah imbalan yang akan diperoleh oleh orang tersebut? Probabilitas terambil kepingan bernomor 1 adalah ¾, sedangkan probabilitas terambil kepingan bernomor 2 adalah ¼. Sehingga E(X) = ¾. $1 + ¼.$2 = $ 1,25.

4 Contoh : 1.Misalkan X variabel random diskrit yang mempunyai pdf sbb : f(x) = 0 untuk x yang lainnya E(X) = 1.4/ / /10+4.2/10 = 2,3 2. Misalkan X variabel random kontinu yang mempunyai pdf sbb x1234 f(x)4/101/103/102/10

5 Ekspektasi Fungsi dari Variabel Random X Misalkan Y = u(X) adalah fungsi dari variabel random X dengan ruang nilai A, dalam hal ini X dimisalkan variabel random kontinu. Misalkan y=u(x) adalah fungsi yang kontinu naik sehingga inversnya x = w(y) juga merupakan fungsi kontinu naik. Karena X variabel random maka Y juga variabel random dan fungsi distribusinya sbb : dimana f(x) adalah pdf dari X.

6 Dengan menggunakan teorema dasar kalkulus, diperoleh : dimana. g(y) adalah pdf dari Y. Apabila konvergen mutlak, maka nilai ekspektasi dari Y adalah. Karena y=u(x) maka akan ditunjukkan bahwa

7 Sehingga nantinya dapat ditulis : Perhatikan bentuk : Menggunakan metode substitusi, misalkan y = u(x) maka x = w(y) dan, sehingga

8 Jadi dapat dituliskan bahwa : untuk kasus kontinu Dan untuk kasus diskrit

9 Sifat-sifat Ekspektasi: 1. E(k) = k dimana k adalah konstanta 2. E(kV) = kE(V) 3. E(k 1 V 1 +k 2 V 2 ) = k 1 E(V 1 ) + k 2 E(V 2 ) Jadi E adalah operator linier.

10 Contoh: Misalkan X mempunyai pdf a. b. c.


Download ppt "EKSPEKTASI DARI VARIABEL RANDOM. Misalkan X suatu variabel random yang mempunyai pdf f(x) sedemikian hingga : konvergen absolut (kasus diskrit) atau konvergen."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google