Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

RUANG VEKTOR EUCLIDEAN. DEFINISI Jika n adalah sebuah bilangan bulat positif, maka sebuah tupel-n-terorde (ordered-n- tuple) adalah sebuah urutan dari.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "RUANG VEKTOR EUCLIDEAN. DEFINISI Jika n adalah sebuah bilangan bulat positif, maka sebuah tupel-n-terorde (ordered-n- tuple) adalah sebuah urutan dari."— Transcript presentasi:

1 RUANG VEKTOR EUCLIDEAN

2 DEFINISI Jika n adalah sebuah bilangan bulat positif, maka sebuah tupel-n-terorde (ordered-n- tuple) adalah sebuah urutan dari n bilangan real (a 1, a 2,…, a n ). Himpunan dari semua tupel-n-terorde dinamakan ruang-n dan dinyatakan dengan R n.

3 DEFINISI Dua vektor u = (u 1, u 2,…,u n ) dan v = (v 1, v 2,…, v n ) di dalam R n dinamakan sama jika u 1 = v 1, u 2 = v 2,…, u n = v n Jumlah u + v didefinisikan oleh : u + v = (u 1 + v 1, u 2 + v 2,…, u n + v n ) dan jika k adalah sebarang skalar, maka kelipatan skalar ku didefinisikan oleh : ku = (ku 1, ku 2,…, ku n ) Operasi penambahan dan perkalian skalar di dalam definisi ini dinamakan operasi-operasi standar pada R n.

4 DEFINISI Kita mendefinisikan vektor nol (zero vector) di dalam R n sebagai vektor 0 = (0,0,…,0) Jika u = (u 1, u 2,…,u n ) adalah sebarang vektor di dalam R n, maka negatif (atau invers aditif) dari u dinyatakan oleh –u dan didefinisikan oleh -u = (-u 1, -u 2,…,-u n )

5 DEFINISI Jika u = (u 1, u 2,…,u n ) dan v = (v 1, v 2,..,v n ) adalah sebarang vektor di dalam R n, maka perkalian dalam Euclidis (Euclidean inner product) u.v didefinisikan oleh u.v = u 1 v 1 + u 2 v 2 + … + u n v n

6 DEFINISI

7

8 Notasi vektor dalam matriks pada R n


Download ppt "RUANG VEKTOR EUCLIDEAN. DEFINISI Jika n adalah sebuah bilangan bulat positif, maka sebuah tupel-n-terorde (ordered-n- tuple) adalah sebuah urutan dari."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google